BERITA

Rayakan Idul Adha 1442 H, Brimob Yon C Sembelih 13 Ekor Hewan Qurban

16
×

Rayakan Idul Adha 1442 H, Brimob Yon C Sembelih 13 Ekor Hewan Qurban

Sebarkan artikel ini

Lensa-Rakyat.comBone : Sulawesi Selatan. Perayaan hari raya Idul Adha 1442 H yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 / 10 Zulhijjah 1442 H disambut dengan suka cita oleh seluruh umat muslim di dunia utamanya di Indonesia. Meskipun dirayakan di tengah pandemi Covid 19, peringatan hari raya qurban tahun ini tetap semarak khususnya di Kabupaten Bone, hal ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati Bone tentang pelaksanaan sholat Idul Adha  dapat dilaksanakan di lapangan terbuka dan mesjid-mesjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Semarak perayaan hari raya Idul Adha 1442 H juga dirasakan di Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel jalan M.H. Thamrin no 70 Kota Watampone. ( Selasa,20/07/2021).

banner 970x250
banner 970x250

“Meskipun tahun ini pelaksanaan sholat Idul Adha dilaksanakan di Mesjid Babul Ikhlas Mako Yon C Pelopor bukan di lapangan terbuka seperti tahun – tahun sebelumnya, namun antusias jemaah untuk mengikuti sholat Ied tetap tinggi. Hal ini tampak sejak pukul 06.30 Wita Personel Brimob Bone beserta keluarga sudah mulai memasuki area mako untuk mengikuti Sholat Ied secara berjamaah.

Meskipun dipadati oleh jemaah, pelaksanaan sholat  Ied di Mako Batalyon C Pelopor tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 dengan ketat seperti pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki mesjid, wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer, dan menjaga jarak antara jemaah.

Ketika ditemui oleh awak media, Komandan Batalyon ( Danyon ) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos. menyebutkan pada peringatan Idul Adha 1442 H Batalyon C Pelopor membuka mesjid Babul Ikhlas sebagai tempat sholat Ied dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah pada peringatan Idul Adha 1442 H tahun ini Batalyon C Pelopor tetap melaksanakan sholat Idul Adha secara berjamaah di mesjid Babul Ichlas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari penyebaran Covid 19, dan jamaahnya pun terbatas hanya untuk anggota Brimob Bone dan keluarga serta pengurus masjid, tahun ini juga kami melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 13 ekor sapi yang kami sebar di 3 lokasi pemotongan untuk mencegah terjadinya kerumunan,” jelas Danyon C Pelopor kepada awak media.

Kompol Nur Ichsan juga menambahkan meskipun peringatan hari raya Idul Adha tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelum pandemi Covid 19, tapi makna dari peringatannya tetap dirasakan.

” Meskipun dalam perayaan Idul Adha tahun ini dirasakan sangat berbeda akibat pandemi Covid 19 yang masih berlangsung, namun hal ini tidak menjadi sebab bagi kami untuk mengurangi makna dari peringatan hari raya kurban tersebut. Melalui momentum ini kami berupaya meningkatkan rasa kepedulian sesama dan membantu mereka yang kekurangan dengan berkurban sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,” tambah Nur Ichsan.

Adapun yang bertindak sebagai Khotib dalam sholat Ied di mesjid Babul Ikhlas Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel adalah Ketua III STIA PRIMA Bone Dr. Syarifuddin Yusmar, M.Ag.. Sholat Ied di Mako Batalyon C Pelopor juga dihadiri oleh Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos., Pasi dan Danki jajaran Batalyon C Pelopor dan seluruh Personel Batalyon C Pelopor.

Setelah pelaksanaan Sholat Ied, selanjutnya dilaksanakan penyembelihan hewan kurban di tiga lokasi berbeda yaitu di tanah kosong depan Mako Brimob Bone, di dalam Mako Brimob Bone dan di rumah potong hewan di Kecamatan Barebbo. Setelah penyembelihan hewan kurban kemudian daging sapi ditimbang dan dikemas dalam kantong plastik, selanjutnya paket berisi daging hewan kurban diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan seperti tukang becak, tukang ojek, buruh bangunan dan pengumpul barang bekas. Kegiatan pembagian daging hewan kurban tersebut dilakukan langsung oleh Danyon C Pelopor di halaman mako Batalyon C Pelopor.

Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga menyisihkan beberapa paket daging hewan kurban untuk diberikan kepada pengurus mesjid Babul Ikhlas, panti asuhan dan rekan-rekan media yang ada di Kabupaten Bone.

Untuk tahun ini, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menyembelih hewan qurban sebanyak 13 ekor sapi yang diperoleh dengan cara menyisihkan gaji tiap bulan selama satu tahun dan dikumpulkan dalam beberapa kelompok sehingga terbeli 13 ekor sapi saat Hari Raya Qurban tahun ini.

Selain menggelar kegiatan sholat Ied berjamaah dan penyembelihan hewan qurban, Batalyon C Pelopor juga menurunkan personel untuk melakukan sterilisasi dan pengamanan sholat Ied di Lapangan Merdeka Watampone serta patroli ke Lapas Kelas IIA Watampone.

Sementara itu di lokasi terpisah Komandan Satuan ( Dansat ) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis,P.S.,S.I.K.,M.Si., menjelaskan bahwa dalam melalui momentum peringatan hari raya Idul Adha 1442 H Satbrimob Polda Sulsel memaknainya dengan berupaya semaksimal mungkin menumbuhkan kembali tauladan para nabi.

” Peringatan hari raya Idul Adha atau Idul Qurban sangat identik dengan mengorbankan seekor hewan kurban sebagai wujud ketaatan terhadap perintah Allah SWT seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim as. Melalui momen ini kami memaknainya dengan berkurban untuk membantu masyarakat yang membutuhkan serta menumbuhkan sikap solidaritas, kesetiakawanan dan introspeksi diri menjadi lebih baik dan berguna bagi sesama utamanya dalam mewujudkan Bhakti Brimob Untuk Indonesia,” pungkas mantan Dansat Brimob Sulbar.

banner 970x250