oleh

Afifuddin : Alumni SKPP Harus Membumikan Pengawasan

LENSA-RAKYAT.COM,BULUKUMBA |     Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) menggelar Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) selama tiga hari di Kabupaten Bulukumba, Sabtu-Senin 21-23 Agustus 2021.

Kegiatan ini diikuti sejumlah Pemuda yang telah lolos seleksi dari tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Gowa, Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Bulukumba, yang juga merupakan zona IV pelaksanaan SKPP di Sulsel.

banner 970x250

Pimpinan Bawaslu RI Mochammad Afifuddin hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut memberi motifasi dan menyampaikan kepada peserta SKPP untuk ikut membumikan pengawasan kepada masyarakat.

“SKPP ini dilakukan agar nilai pengawasan dapat terpatri dalam diri generasi muda, sehingga kedepan semakin banyak yang tergerak untuk melakukan pengawasan di tengah masyarakat,” ungkapnya. Minggu (22/8/2021).

Afifuddin juga berharap kepada peserta SKPP untuk menjadi pionir dalam mengawasi Pemilu, dan bekerjasama dengan semua pihak dan bermitra dengan Bawaslu dalam mensukseskan pemilu.

Ia juga berharap tiga isu utama yang dihadapi saat ini dapat menjadi perhatian khusus peserta SKPP yakni, politik uang, berita hoax dan politisasi SARA.

“Terselenggaranya SKPP ini diharapkan dapat melahirkan alumni yang dapat menjadi mata, telinga Bawaslu yang akan lantang berteriak menolak politik uang, melawan berita-berita bohong, dan  menolak politisasi SARA,” harapnya.

Pimpinan Bawaslu Sulsel, Kordiv Pengawasan, Amrayadi yang ikut mendampingi Afifuddin mengungkapkan SKPP merupakan salah satu dari sekian program pengembangan pengawasan partisipatif. Iapun menyampaikan semakin banyak elemen yang dilibatkan, akan membuat semakin kuat pencegahan potensi pelanggaran.

“Semangat pengawasan partisipatif sebagai upaya pelibatan masyarakat dalam mengedukasi, menyadarkan dan menyebarluaskan kesadaran berpolitik yang sehat dan berintegtitas,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, Penggiat Kepemiliuan nasional, Wahidah Suaib, Ketua Bawaslu Sulsel, L Arumahi, Anggota Bawaslu sulsel lainnya Saiful Jihad, tak ketinggalan sejumlah komisioner Bawaslu kabupaten di Sulsel.

Laporan  : Harianto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed