oleh

PENARIKAN MAHASISWA ASISTENSI MENGAJAR (KKN-PLP) UNSULBAR 2021

Lensa-Rakyat.Com, Majene – Pada hari Senin tanggal 17 Januari 2022, mahasiswa program Asistensi Mengajar (AM) melaksanakan kegiatan terakhirnya di SMAN 1 Majene, yaitu Penarikan Asistensi Mengajar (KKN-PLP) Unsulbar 2021. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 13.00 WITA di ruang kelas XI MIPA 3 (laboratorium fisika) dan dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan, guru, tenaga administrasi sekolah, perwakilan siswa, serta mahasiswa AM.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Muhammad Ikhsan dari kelas X MIPA 1. Sambutan pertama dari Koordinator Lapangan yang diwakili oleh Jonkalvin. Dalam sambutannya, mereka awalnya merasa gugup saat pertama kali memulai program asistensi mengajar di SMAN 1 Majene. Apalagi SMAN 1 Majene termasuk sekolah yang sangat terorganisir dibandingkan sekolah lain yang pernah dikunjunginya. Semua program kerja terlaksana dengan baik, mulai dari program Praktek Lapangan Persekolahan (PLP) hingga program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

banner 970x250
banner 970x250

Sambutan kedua oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) bapak Ahmad Munawir, S.Pd.I.,M.Pd. Beliau menjelaskan tiga program kampus merdeka Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar),yaitu program Asistensi Mengajar, Program Kampus Mengajar khususnya di daerah 3T (Terdepan, terpencil, dan Tertinggal), dan Program Pertukaran Mahasiswa. Beliau juga menginfokan bahwa semester depan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 9FKIP) akan ada membuka penerimaan mahasiswa baru untuk program studi (prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Selain itu prodi kedokteran sudah menunggu persetujuan dari kementrian dan dibuka khusus untuk calon mahasiswa Sulawesi Barat saja nantinya. Beliau pun berterima kasih kepada kepala sekolah beserta jajarannya yang telah menerima mahasiswa AM selama sekitar 4 bulan.

Sambutan terakhir dari Kepala SMAN 1 Majene bapak Muliadi S, S.Pd.M.Pd. sekaligus menyerahkan kembali secara resmi dari SMAN 1 Majene (pihak kedua) ke Unsulbar (pihak pertama) sesuai Mou tertanggal 10 September 2021. Beliau menilai bahwa pelaksanaan AM sudah efektif dan tepat waktu. Program kerja juga terlaksana dengan baik terutama program kerja yang menumbuhkan karakter profil Pelajar Pancasila seperti kegiatan bakti sosial dan lomba kebersihan kelas. Beliau berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai salah satu sekolah untuk program AM.cara selanjutnya adalah penyerahan hadiah kepada pemenang lomba kebersihan kelas, yaitu kelas XII Bahasa & Budaya meraih juara 1, kelas XII IPS 1 Meraih juara 2, dan kelas XI IPS 1 meraih juara 3. Selanjutnya penyerahan sertifikat kepada guru pamong oleh DPL dan penyerahan hadiah dari mahasiswa AM kepada guru pamong masing-masing. Terakhir penyerahan cenderamata dari pihak kampus Unsulbar dan juga penyerahan cenderamata dari SMAN 1 Majene.

Fitriani dari prodi Pendidikan Matematika dalam pesan dan kesannya menyampaikan bahwa mereka merasa nyaman selama berada di sekolah karena warga sekolah yang ramah dan sering memberikan saran terkait program kerja. Secara pribadi pun masih ingin tetap tinggal di sekolah. Bapak Sumardi, S.Pd.,M.Pd. mewakili guru pamong dalam menyampaikan kesan dan pesan. Beliau pun juga merasa nyaman atas keberadaan mahasiswa AM karena ada back up yang bisa mengisi ketika berhalangan dalam mengajar. Misalnya karena ada dinas luar dan pertemuan dengan kepala sekolah. Beliau pun merasa tidak telalu berbuat banyak kepada mahasiswa AM tetapi hanya memberikan petunjuk. Misalnya bagaimana membuat soal yang baik, bagaimanan membuat RPP yang baik, dan sebagainya.

Laporan : Selman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed