BERITA

Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2021 Mengecek Kesiapan Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

13
×

Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2021 Mengecek Kesiapan Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

Sebarkan artikel ini

Lensa-Rakyat.Com,Makassar – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman pimpin apel gelar pasukan ops lilin 2021 berlangsung di lapangan Karebosi Makassar Jalan Ahmad Yani, Kamis (23/12/2021) pagi.

Apel gelar pasukan tersebut dihadiri oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Nana Sudjana bersama PJU Polda Sulsel, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana bersama forkopimda kota Makassar serta peserta apel dari personil TNI Polri dan Instansi terkait.

banner 970x250
banner 970x250

Apel operasi kepolisian terpusat tersebut dengan tema melalui apel gelar operasi lilin 2021 kita tingkatkan sinergi polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal tahun 2021 dan tahun baru 2022.

Dalam amanatnya Andi Sudirman Sulaiman mengharapkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan tetap dalam kondisi yang aman, nyaman dan kondusif serta masyarakat tetap terjaga dari penyebaran virus covid-19.

“Meski tidak diberlakukan PPKM pada masa libur nataru ini masyarakat tetap wajib melaksanakan aturan nataru 2021 sesuai dengan kebijakan level tingkat penyebaran virus covid-19 yang terjadi di sulsel,” ucapnya.

Lanjut Gubernur Sulsel mengharapka kepada TNI – Polri serta seluruh instansi terkait menjelang nataru agar dikawal dengan baik aman tertib dan lancar, terhindar dari terorisme, radikalisme kekerasan narkoba dan lainnya.

Sementara Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Nana Sudjana mengatakan apel gelar pasukan ops lilin 2021 tersebut merupakan kegiatan akhir dalam rangka pengecekan persiapan pelaksanaan operasi lilin yang dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 02 Januari 2022.

“Kegiatan ini kita mengedepankan preemtif, preventif serta refresif. Operasi lilin ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia,” ucap Kapolda Sulsel.

Operasi lilin digelar untuk menjamin kegiatan-kegiatan ibadah juga mengamankan kegiatan malam pergantian tahun baru.

“Salah satu upaya dalam pengamanan nataru adalah mencegah penyebaran covid-19 dengan pembatasan-pembatasan kegiatan masyarakat,” ujar Irjen Pol Nana Sudjana.

Operasi lilin 2021 di Sulsel, jumlah personil TNI Polri dan Instansi terkait dilibatkan sebanyak 4670 terdiri dari polri 2420 dari instansi terkait 2230 selain itu disiapkan 2/3 personil siaga dari Polda dan Polres untuk pengamanan perayaan nataru.

“Bukan hanya beberapa personil disiapkan tapi kita maksimalkan, personil siaga, kapan pun bisa digerakkan,” imbuh Kapolda Sulsel.

Beberapa pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu disiapkan dalam mengamankan nataru di Sulawesi Selatan.

“Sekitar 61 pos pengamanan, 20 pos pelayanan dan 4 pos terpadu yang akan disebar di Sulawesi Selatan,” pungkasnya. ( Gp)

banner 970x250