oleh

Bhabinkamtibmas Banta bantaeng Problem Solving Masalah Warga di Pos Balla Ewako

Lensa-Rakyat.Com, Makassar – Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Kepolisian di wilayah Kelurahan, dituntut selalu hadir ditengah masyarakat dalam rangka membantu menyelesaikan segala permasalahan yang dialami warga masyarakat terkhusus ke warga Binaannya.

Seperti halnya, Bhabinkamtibmas Kelurahan Banta bantaeng Polsek Rappocini Polrestabes Makassar Aiptu Kamri Karim, mendapat laporan, langsung turun kelapangan mengecek informasinya untuk menyelesaikan permasalahan warganya. Senin (03/01/2022)

banner 970x250
banner 970x250

Dari informasi tersebut diketahui bersama bahwa terjadi kesalahpahaman antara dua orang warga banta bantaeng yakni Ferdy dan Muh Akbar, yang berujung kedua pihak bertengkar.

Selanjutnya, Aiptu Kamri Karim mengundang kedua belah pihak untuk dipertemukan di Pos Balla Ewako untuk melakukan mediasi agar titik permasalahan dapat diketahui langsung agar solusi penyelesaian dapat terlaksana tanpa ada permasalahan baru dikemudian hari.

Dari Hasil mediasi tersebut, kedua belah pihak sepakat berdamai dan menyelesaikan kasus tersebut secara kekeluargaan, dimana kedua pihak menyadari kesalahan masing masing kemudian saling memaafkan dan berjanji tidak akan mengulangi lagi di kemudian hari.

“Kedua belah pihak telah sepakat berdamai dan tidak permasalahan lagi dengan membuat pernyataan yang ditandatangani diatas materai disaksikan oleh masing-masing keluarga” tutur Aiptu Kamri.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas juga memberikan imbauan kepada kedua belah pihak agar saling menghormati dan menghargai sehingga tercipta hidup rukun dan damai.

Di tempat terpisah,Kapolsek Rappocini Kompol S.Syamsuddin,S.Ag,MH, membenarkan adanya penyelesaian masalah warga binaan melalui problem solving yang dilakukan babinkamtibmas, adapun kasus yang dilakukan mediasi dengan cara problem solving khusus kasus-kasus ringan saja, Problem solving ini juga bertujuan agar permasalahan warga tidak meluas, sehingga dapat terselesaikan dengan cepat dan tidak menimbulkan konflik sosial, Jelas Kapolsek.

Lanjut, kapolsek menghimbau kepada warga agar tetap menjaga Sitkamtibmas agar Tetap aman dan Kondusif serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19 guna mencegah penyebaran Covid 19. ( Red )

banner 970x250