BERITA

Polri Siapkan Ops Aman Nusa II dalam Rangka Tangani Bencana Gempa di NTT

31
×

Polri Siapkan Ops Aman Nusa II dalam Rangka Tangani Bencana Gempa di NTT

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Lensa-Rakyat.Com  –  Polri saat ini tengah menyiapkan Operasi Aman Nusa II untuk membantu penanganan gempa dengan magnitudo 7,4 yang terjadi di NTT, Selasa (14/12/2021).

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si., menjelaskan bahwa Polri dan jajaran sudah memiliki rencana kontijensi yang berlaku satu tahun. Dan dalam rencana tersebut terdapat tiga operasi yakni Operasi Aman Nusa 1 untuk konflik sosial, Operasi Aman Nusa 2 untuk kebencanaan, dan Operasi Aman Nusa 3 untuk terorisme.

banner 970x250
banner 970x250

“Jadi ketika terjadi bencana otomatis polda dan jajaran Polri di wilayah sudah memberlakukan rencana kontijensi Operasi Aman Nusa 2,” jelas Karo Penmas, Selasa (14/12/2021).

Jenderal Bintang Satu itu juga mengatakan bahwa dalam Operasi Aman Nusa 2 tersebut telah disiapkan personel serta peralatan yang dibutuhkan untuk membantu penanggulangan bencana di sebuah wilayah.

Dalam Operasi Aman Nusa 2 tersebut, personel Polri di wilayah melakukan langkah-langkah seperti inventarisir dampak bencana, korban bencana, termasuk menginventarisir kebutuhan apa saja yang diperlukan dalam membantu penanggulangan bencana.

Bersamaan dengan itu, Mabes Polri memantau situasi di lapangan, memonitor laporan dari satuan wilayah Polri untuk mengirimkan bantuan, baik personel tambahan ataupun sarana prasarana kebencanaan yang diperlukan.

“Berbarengan dengan itu Mabes Polri juga melihat, apabila membutuhkan dukungan SDM atau yang lain, Mabes Polri siapkan, tenaga untuk memback-up, Korps Brimob yang siap dengan itu,” jelas Karo Penmas.

Sumber ( Tribratanews.polri.go.id )

banner 970x250