oleh

Ziarah Makam YM. Lamassakkirang Petta Bampe Tala Sulewatang Citta Pererat Tali Silaturrahim antar Keluarga

-BERITA-102 views

MAKASSAR,Lensa- Rakyat.

Keluarga Besar Wija Lamassakkirang Petta Bampe Tala Sulewatang Citta menggelar Silaturrahim dan ziarah ke makam YM. Lamassakkirang Petta Bampe yang berada di Desa Tala’ Kec. Ma’rang Kab. Pangkep. Dihadiri oleh 47 orang keluarga baik yang berdomisili di Soppeng, Bone, Pare-Pare dan Makassar, Ahad (3/12/2023)

Silaturrahim rumpun keluarga Lamassakkirang dan ziarah ke makam YM. Lamassakkirang Petta Bampe Tala’ sekaligus merupakan Sulewatang Ri Citta, yang mempunyai peran penting dalam menyebarkan Agama Islam di Kab. Soppeng dan Kab. Pangkep khususnya di desa Tala.

banner 970x250
banner 970x250

YM. La Massakirang Petta Bampe adalah cicit langsung dari La Pareppa’i To SappEwaliE Sultan Ismail Arung Palakka Karaeng Ana’moncong Petta MatinroE ri Sombaopu To Pawawoi Mangkau Bone ke-19 ,Somba Gowa ke-20 dan Datu Soppeng

Koordinator silaturrahim rumpun keluarga YM. Lamassakkirang Petta Bampe, Andi Murdiping Petta Tarru’ didampingi oleh Andi Suljalali mengatakan, tujuan dari kegiatan ziarah makam leluhur ini adalah untuk mencari barokah dari salah satu penyebar agama Islam di Sulawesi Selatan dengan harapan barokah seorang pemimpin( datu) dan juga Ulama terus mengalir kepada seluruh ummat islam khususnya Keluarga Besar YM. Lamassakkirang Petta Bampe.

Andi Firman Petta Gessa yang merupakan salahsatu generasi ke -V dari YM. Lamassakkirang Petta Bampe menyampaikan pula harapannya untuk seluruh keluarga besar agar senantiasa menjaga hubungan silaturrahim yang sudah lama terjalin guna mempererat lagi tali persaudaraan sampai ke anak cucu generasi berikutnya agar bisa saling mengenal satu sama lain.

Andi Firman Petta Gessa menjelaskan bahwa YM. La Massakirang Petta Bampe adalah cicit langsung dari
La Pareppa’i To SappEwaliE Sultan Ismail Arung Palakka Karaeng Ana’moncong Petta MatinroE ri Sombaopu To Pawawoi Mangkau Bone ke-19 ,Somba Gowa ke-20 dan Datu Soppeng.

Demikian pula Andi Pattawe Petta Sau’ dan Andi Mandacing Petta Lolo mewakili generasi ke VI menyampaikan hal yang serupa bahwa silaturrahim rumpun keluarga dan Ziarah ke makam YM.

Lamassakkirang Petta Bampe Tala merupakan agenda rutin dari keluarga besar YM. Lamassakkirang Petta Bampe Tala yang dilakukan saat menjelang datangnya Bulan suci Ramadhan yang akan dihelat setiap tahunnya.

Puang Bomba ( generasi ke-VI) yang dituakan dalam rumpun keluarga menambahkan bahwa, ketika seseorang pergi untuk berziarah ke makam para Wali Allah SWT yang sholeh dan keluarga Nabi Muhammad SAW yang dimuliakan maka ini berarti bentuk cinta terhadap mereka.

Demikian pula untuk mencari barokah, para sahabat Rasulullah SAW juga biasa bertabaruk atau mencari berokah dari Rasulullah SAW Ungkapnya.(AFB)

banner 970x250