oleh

GSM di SMKN 8 Makassar Disambut Luar Biasa Oleh Semua Guru dan Staff

Lensa-Rakyat.Com, Makassar – Kepala UPT SMKN 8 Makassar (Dr. Asnah Baharuddin, M. Pd.) memberikan Workshop Penguatan Ekosistem Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) bagi semua guru dan staf dengan suasana yang santai dan sangat menyenangkan.

Beliau secara langsung memberikan pemaparan materi mengenai GSM (Gerakan Sekolah Menyenangkan) kepada peserta workshop pada hari Selasa (30/11/2021) di Aula Masagena SMKN 8 Makassar sendiri.

banner 970x250
banner 970x250

Selain materi presentasi, beliau mempersiapkan segala hal dalam kegiatan tersebut seperti kertas, karton, spidol warna-warni, dan sticky note. Hal ini dilakukan agar tujuan dari GSM ini dapat terwujud.

Memberikan Ice Breaking yang dapat membantu fokus dan konsentrasi para peserta workshop dengan menari. Memberikan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan selama pelaksanaan workshop tersebut.

Diharapkan ke depannya GSM ini dapat diterapkan oleh para peserta workshop di dalam kelasnya untuk membuat peserta didik lebih bersemangat dan antusias untuk belajar. Selain itu juga diharapkan bisa membantu perkembangan peserta didik dalam meningkatkan karakter mereka khususnya yang berkaitan dengan Profil Pelajar Pancasila.

Dalam kegiatan tersebut kepala UPT SMKN 8 Makassar sebagai pemateri memberikan kesempatan kepada peserta workshop untuk menuliskan harapan pada ZONA HARAPAN, menuliskan pertanyaan pada ZONA PERTANYAAN yang telah disiapkan pada dinding. Kegiatan lainnya adalah memberikan kesempatan kepada peserta untuk menggambarkan harapan mereka ke depannya untuk peserta didik baik pada saat proses pembelajaran ataupun setelah lulus dari sekolah. Kemudian masing-masing peserta menceritakan harapan mereka kepada peserta lainnya. Bentuk kegiatan ini pun memberikan makna bahwa terkadang hal tersulit yang dilakukan adalah diam dan mendengarkan seseorang untuk berbicara.

Kegiatan lainnya yang lebih seru lagi adalah pada saat tugas kelompok yang mengharuskan peserta workshop untuk mencari teman yang terdiri dari guru produktif dan guru adaptif normatif. Tujuan dari kegiatan ini agar guru-guru bisa saling berkolaborasi dalam memberikan sebuah keterampilan kepada peserta didik. Setiap kompetensi yang diberikan kepada peserta didik tentunya dapat saling berkolaborasi dengan mata pelajaran lainnya yang relevan, sehingga ke depannya proses pembelajaran bisa lebih fleksibel dilakukan. ( Red )

banner 970x250