PENDIDIKAN

Hendak Melihat Potret Kualitas Sekolah, Disdik Majene Pantau Dapodik

50
×

Hendak Melihat Potret Kualitas Sekolah, Disdik Majene Pantau Dapodik

Sebarkan artikel ini

LENSA-RAKYAT.COOM, MAJENE | Untuk melihat, mengamati serta mengambil data informasi penyelenggaraan pendidikan satuan sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Majene Sulawesi Barat melakukan peninjauan pelaksanaan pendidikan.

Baik dari sarana dan prasarana, siswa, serta tenaga kependidikan melalui Dapodik yang merupakan sistem yang disediakan atau data base disatuan pendidikan, khususnya penyediaan informasi kepada pengambil kebijakan.

banner 970x250
banner 970x250

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Majene, H. Mithhar, S.Pd. M. Pd, yang ditemui diruang kerjanya belum lama ini.

Menurutnya, Data Pokok Pendidikan (Dapodik), sangat berpengaruh pada kualitas pendidikan guna mengetahui kondisi atau potret pendidikan di Kabupaten Majene Sulawesi Barat.

“Untuk saat ini Dapodik sudah bagus, mudah mudahan tahun depan pemerintah pusat dapat melihat hasil dapodik pendidikan kabupaten Majene. Dan yang kami lakukan s
perengkingan terhadap sekolah sekolah yang membutuhkan sarana dan prasarana,” ujarnya.

Kendati demikian fokus pada sekolah sekolah yang terdampak bencana alam yang terjadi belum lama ini, selain itu pihaknya juga memperhatikan sekolah sekolah yang memerlukan ruang belajar dan sekolah sekolah yang belum memiliki fasilitas usaha kesehatan sekolah dan fasilitas toilet yang memadai.

“Kalau bidang pendidikan kabupaten Majene dalam mendanai penyelenggaraan pendidikan sebagai urusan pemerintah daerah. Alhamdulillah di tahun 2022 mendapat anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK), senilai Rp46.692.346.000. Dana tersebut di sektor pembagunan bidang pendidikan, sedang bantuan operasional sekolah untuk dana reguler sebesar Rp26.546.500.000 dan kinerja sebesar Rp1.625.000.000,” tukasnya merinci.

(Lap : Serman)

banner 970x250