EKOBIS

Dinas Pertanian Kabupaten Muna Kunjungi Petani Milenial Bawang Merah di Desa Kondongia

248
×

Dinas Pertanian Kabupaten Muna Kunjungi Petani Milenial Bawang Merah di Desa Kondongia

Sebarkan artikel ini
Kabid. Hortikultura Dinas Pertanian Muna meninjau secara langsung Pertanian Bawang Merah di Desa Kondongia

Muna, Lensa-rakyat.com || Dinas Pertanian Kabupaten Muna Kunjungi lahan bawang merah milik petani milienal di Desa Kondongia pada hari Rabu, 20 maret 2024.

Pada kunjungan tersebut di hadiri langsung oleh Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Muna serta PPL Kecamatan Lohia.

banner 970x250
banner 970x250

Kepala Bidang Hortikultura, Asrami menjelaskan bahwa dirinya sangat mengapresiasi pemuda yang punya niatan untuk membudidayakan bawang merah.

” Saat ini banyak sekali petani petani di muna tetapi beda dengan di kondongia ini ada pemuda yang membudidayakan bawang merah dan hasilnya sangat bagus”.ujarnya

Selain itu dirinya menambahkan komoditi bawang merah dan capai akan selalu di dorong karena hal itu sesuai dengan program Dinas Pertanian Provinsi dalam mengatasi inflasi tanaman.

“Di provinsi saat ini yang menjadi program utamanya adalah tanaman bawang merah dan cabai tanaman tersebut terjadi inflasi”,Lanjutnya

Ket : Petani Milenial ( Rival ) menunjukkan hasil panen bawang merah

Di tempat yang sama pendamping pertanian Kecamatan Lohia ,Matha Fera Bakasa memotivasi petani milineal harus tetap berinovasi untuk meningkatkan tanaman pangan lokal.

” Petani harus bersamangat dan belajar karena pertanian ini mendorong kemajuan suatu daerah” pungkasnya.

Sementara itu Rival merupakan petani bawang merah di Desa Kondongia tersebut sudah melakukan beberapa kali pemanenan dengan jumlah ratusan kilo garam

Dirinya mengaku bertani bawang merah tidaklah mudah, Hal ini yang selalu mendorong dirinya untuk selalu berusaha dan berinovasi agar tanamannya tetap Berhasil.

“Sebelumnya saya bertani bawang merah ini banyak tantangannya maka perlu perlakuan yang baik” ujarnya

Pemuda tersebut yang biasa di sapa Rival ,dirinya bertani bawang merah yakni untuk mendorong petani khususnya para milienal agar menjadi penerus ketahanan pangan.

“Saya berharap pemuda hari ini bisa bergerak juga di bidang pertanian agar daerah kita atau desa kita bisa menjadi lumbung pertanian” harapnya.

Penulis : Roy

Editor : Ahlun

banner 970x250