oleh

PERGURUAN SMP/SMA KIHAJAR DEWANTARA : SEMANGAT MENYAMBUT PPDB ONLINE TAHUN AJARAN 2024-2025 Berharap Semoga Quota terpenuhi

-BERITA-98 views

LENSA-RAKYAT.COM, MAKASSAR | Pendaftaran PPDB Sulsel 2024 Jenjang SMA dan SMK – Inilah jadwal pendaftaran PPDB Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024 untuk jenj Judul Pos ang SMA dan SMK, telah dibuka pada Senin (20/5/2024) sampai 22 Mei 2024.Selanjutnya pendaftaran PPDB Sulsel 2024, selain dari jalur Asrama, SMA jalur Zonasi, Afirmasi, dan Perpindahan Tugas Orang Tua akan dibuka pada 3-4 Juni 2024 mendatang. Kemudian pendaftaran PPDB Sulsel 2024, SMA jalur Prestasi akan diselenggarakan pada 19-21 Juni 2024.Namun, sebelum mengikuti PPDB Sulsel 2024 jenjang SMA dan SMK calon peserta didik baru (CPDB) diharuskan membuat akun terlebih dahulu di laman https://ppdb.sulselprov.go.id. melansir dari Tribun news.com. Acuan dalam pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2023/2024 adalah 1) Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK; 2) Peraturan Pemda yang mengacu pada Permendikbudristek tersebut. Ada empat jalur pendaftaran PPDB tahun ajaran 2023/2024 jenjang SD, SMP, dan SMA, yaitu zonasi (untuk SD paling sedikit 70 persen, SMP paling sedikit 50 persen, SMA paling sedikit 50 persen), afirmasi (paling sedikit 15 persen), perpindahan orangtua/wali (paling banyak 5 persen) ,dan prestasi (jika persentase kuota masih tersisa). Maka berdasarkan ketetapan tersebut estimasi dan pemenuhan quota yang terbatas maka Kemendikbud mendukung Pemda dalam aspek peningkatan kualitas dan penyebaran pemenuhan pelayanan pendidikan khususnya sekolah swasta yang ada di wilayah masing-masing.

Hal ini memberikan sebuah inspirasi dengan melihat aspek-aspek sosial pendidikan maka keberadaan Perguruan SMP/SMA. KIHAJAR DEWANTARA , cukup antusias dan bergiat dalam memacu peningkatan kualitas pendidikan sesuai juklis maupun regulasi pemerintah dengan asupan sebuah sistem terapan yang telah melahirkan sejumlah alumni yang memiliki inovasi kreatif dan integritas kompetensi dalam sebuah prestasi sebagai putra putri bangsa yang terbaik dan mandiri. Tutur Abd.Latif Hasan.

banner 970x250
banner 970x250

DIselawaktu selaku Kepala Sekolah perguruan SMA KIHAJAR DEWANTARA yang berlokasi di jl.Datuk ditiro, Bontoala berharap terpenuhi quotanya sesuai Ruang Kelas Belajar (RKB). Untuk itu kami mengajak putra putri kita SEKOLAH PERGURUAN SMP/ SMA KIHAJAR DEWANTARA, membuka “PENDAFTARAN & PENERIMAAN” SISWA BARU TAHUN AJARAN 2024-2025 “Optimalisasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Menuju Implementasi Kurikulum, Transformasi Global yang Mampu berkompetensi dan Mandiri” Gambaran Umum Perguruan SMP/ SMA Kihajar Dewantara didirikan sejak tahun. 1983 dengan mencetus Alumi awal tahun 1987.

Pada awal perkembangannya telah melahirkan ratusan alumni siswa setiap tahunnya. Namun pada masa transisi dari sebuah yayasan tersebut berpindah domisili bapak And Latif Hasan, MM ditahun 2016 baru mejabat tutur beliau disela waktunya menyampaikan bahwa dengan sarana dan prasarana yang seadanya dan masih terbatas dengan semangat bekerja keras berusaha dan bergiat dalam pencapaian memenuhi standar dan kualitas yang lebih baik. Dari jumlah tenaga pengajar 17 orang dan 1 orang terangkat P3K. Termasuk gaji guru honorer bersandar pada penggunaan anggaran dana bos, maka semua iuran siswa digratiskan dan tidak memungut biaya sepeserpun sesuai juklis yang ditetapkan. Meski dilengkapi fasilitas IT (laptop) 30 unit dalam proses terapannya namun pada kondisinya butuh fasilitas ruang kelas yang memadai guna pemenuhan Quota RKB jumlah siswa dalam masa beberapa tahun proses belajar mengajar mulai dari kelas X, XI, XII hanya menggunakan rombel masing masing hanya 1 kelas jurusan IPA saja.

Dengan kondisi tersebut pihak perguruan SMP/SMU. KIHAJAR DEWANTARA berharap agar gedung yang ditempati saat ini tidak lagi berstatus kontrak dan memiliki fasilitas dan sarana yang layak dalam rangka terciptanya kualitas pendidikan yang lebih baik. Semoga pihak pemerintah dan terkait lainnya turut peduli kiranya memberikan dukungan perhatian dan bantuan nya sebagaimana kami rilis kutipan.” Pos Kutipan Pemerintah Pusat, Daerah, dan Pemangku Kepentingan Berperan Strategis Wujudkan PPDB yang Berkeadilan 13 Juli 2023 (www.kemendikbud.go.id) Pemda diberi keleluasaan dalam menentukan formula terbaik sesuai kondisi wilayahnya.

Pemda menetapkan kebijakan pada setiap jenjang melalui proses musyawarah atau kelompok kerja kepala sekolah (KKKS/MKKS). Musyawarah tersebut memperhatikan 1) sebaran sekolah, 2) data sebaran domisili calon perserta didik, 3) kapasitas daya tampung sekolah yang disesuaikan dengan ketersediaan jumlah anak usia sekolah pada setiap jenjang di daerah tersebut. “Hal ini dikarenakan Pemerintah Daerah yang paling mengetahui bagaimana kondisi serta apa yang menjadi kebutuhan terkait penyelenggaraan pendidikan di daerah masing-masing. Kemendikbudristek mendukung Pemda dan Pemkot untuk melakukan koordinasi, audit dan evaluasi terhadap pelaksanaan teknis PPDB demi perbaikan pelaksanaan PPDB didaerah masing-masing. Semoga di masa mendatang. Salah satu poin pentingnya adalah berkoordinasi dengan Pemda dan UPT. “Antar pemda dan komunitas harus diberi ruang untuk saling berbagi praktik baik. Semoga upaya bersama semua pihak bisa membantu mendorong lahirnya solusi dan menguatkan langkah dalam memajukan sistem pendidikan kita,” pungkas Iwan Syahril. (Denty, Editor: Seno). Demikian harapan yang kami buat semoga Allah SWT meridhoi usaha dan niat luhur kita kami dari pihak perguruan SMP/SMA. KIHAJAR DEWANTARA mendukung program pemerintah turut aktif berperan serta dalam memajukan dan mencerdaskan anak bangsa. atas kepedulian dan perhatian semua pihak kami ucapkan terima kasih. Wass.(Red berli)

banner 970x250